RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
Mata Pelajaran               : Matematika-Wajib
Kelas/ Semester               : VIII(delapan)/2
Materi Pokok                  : Bangun Ruang Sisi Datar
Alokasi Waktu                : 2 jam pelajaran (pertemuan pertama)


A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar:
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.9 Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.    Konsisten dan teliti dalam memecahkan masalah tentang luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
2.    Tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah tentang luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
3.    Memiliki rasa ingin tahu terhadap memecahkan permasalahan luas permukaan dan volume tentang bangun ruang sisi datar
4.    Menentukan luas permukaan dan volume kubus

D.   Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat diharapkan dapat :
1.    Konsisten dan teliti dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar
2.    Tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar
3.    Memiliki rasa ingin tahu terhadap memecahkan permasalahan tentang bangun ruang sisi datar
4.    Menentukan luas permukaan dan volume kubus

E.   Materi Pembelajaran:
            KUBUS :
1.      Menentukan jaring-jaring kubus
2.      Menentukan luas permukaan dan volume kubus
Uraian Materi :



F.   Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan  Pembelajaran  : Pendekatan Saintifik (Scientific)                     
Model Pembelajaran          :  Penemuan Terbimbing
Metode Pembelajaran        :  Expositori, Penemuan, Tanya Jawab dan Tugas

G.  Media / alat Pembelajaran:
1.      Model bangun ruang dari karton
2.      kubus satuan
3.      LCD
4.      Laptop
5.      Kertas Materi dari guru

H.   Sumber Belajar:
Buku "Mudah Belajar MATEMATIKA, Untuk Kelas VIII SMP dan MTs" karangan Nunik Avianti A.
I.         Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru menanyakan kabar siswa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar mengajar
2.      Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami materi tentang kubus
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi datar(kubus)
4.     Guru memberikan pertanyaan kepada siswa(sesi tanya jawab) mengenai materi yang akan dipelajari
5.     Guru membuat peraturan bahwa apabila siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat 1 point untuk menjadi nilai tambahan.
8 menit
Inti
1.      Fase 1: Orientasi siswa pada masalah:
(a)   Guru memberikan masalah 1 yang tertera pada lembar kertas materi dan LCD yang diberikan dan ditayangkan oleh guru yang berisi pengertian luas permukaan dan volume.
(b)   Siswa mengamati (membaca) dan memahami masalah secara individu dan mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait masalah yang disajikan.
(c)   Siswa diminta membuat pertanyaan kepada guru terkait dengan permasalahn yang ada pada kertas materi
(d)  Siswa menuliskan informasi yang terdapat dari masalah tersebut secara teliti dengan menggunakan bahasa sendiri.
(e)   Salah satu dari siswa yang dianggap mampu diminta mepresentasikan hasil pemahamannya kedepan kelas.

2.      Fase 2: Mengorganisasikan siswa belajar
(a)    Siswa membentuk kelompok yang sesuai pembagian anggota kelompok  yang telah direncanakan oleh guru .
(b)    Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
(c)    Guru memberi bantuan (scaffolding) berkaitan kesulitan yang dialami siswa secara individu, kelompok, atau klasikal.
3.      Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
(a)    Siswa diberikan jaring-jaring kubus
(b)    Siswa melakukan eksperimen dengan media yang disediakan  untuk menyelesaikan masalah yang ada pada jaring-jaring kubus tersebut berdasarkan panduan kertas materi yang telah dibagikan agar dapat membentuk sebuah kubus yang dapat diketahui luas permukaan dan volume nya.
(c)    Guru meminta siswa mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan dari masalah yang ada dalam lembar kegiatan siswa. Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan mengingatkan siswa mengenai cara mereka menentukan penyelesaiannya.
4.      Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
(a)       Siswa menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara rapi, rinci, dan sistematis.
(b)      Guru berkeliling mencermati siswa bekerja menyusun laporan hasil diskusi, dan memberi bantuan, bila diperlukan.
(c)       Siswa menentukan perwakilan kelompok secara musyawarah untuk menyajikan (mempresentasikan) laporan di depan kelas.
5.      Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
(a)    Guru meminta semua kelompok bermusyawarah untuk menentukan satu kelompok yang mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil diskusinya di depan kelas secara runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu.
(b)    Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok penyaji untuk memberikan penjelasan tambahan dengan baik.
(c)    Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dengan sopan.
(d)   Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain yang mempunyai jawaban berbeda dari kelompok penyaji pertama untuk mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya secara  runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu. Apabila ada lebih dari satu kelompok, maka guru meminta siswa bermusyawarah menentukan urutan penyajian.
(e)    Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
(f)     Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai permasalahan tersebut.

Evaluasi:
………………………………………………………………………..
60menit
Penutup
1.      Sebelum mengakhiri pembelajaran, guru membuat suatu permainan matematika yang berhubungan dengan materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa diminta menyimpulkan tentang permainan tersebut dan  materi yang telah dipelajari
3.      Guru memberikan tugas untuk mencari unsur-unsur kubus yang belum terdapat di kertas atau di buku pembelajaran dan siswa disuruh membuat jaring-jaring kubus sebagai pekerjaan rumah
4.      Guru memberikan soal tertulis sebagai PR mengenai luas permukaan dan volume kubus
5.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan

12menit

J. Penilaian Hasil Pembelajaran:
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Instrument penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Konsisten dan teliti dalam menyelesaikan tugas
d.      Tidak mudah menyerah dan mempunyai rasa ingin tahu dalam  melaksanakan tugas kelompok


Pengamatan

Pedoman observasi
Selama pembelajaran dan saat diskusi

2.
Pengetahuan
1. Soal test tentang
menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar. menghitung volum bangun ruang sisi datar

tes tertulis

TestTertulis: Uraian

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dengan kubus
b.      Trampil membuat dan menentukan jaring-jaring kubus untuk menentukan luas permukaan kubus

Test praktik

Skala penilaian

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
                                                 

PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas                           : VIII / 2
Tahun Pelajaran       : 2014/2015
Topik                          : Kubus
Waktu Pengamatan  : Saat kegiatan berlangsung
Petunjuk: Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ini adalah Konsisten, teliti dan mudah menyerah dalam penyelesaian masalah kelompok , Memiliki rasa ingin tahu menyelesaika tugas individu maupun kelompok.
1.    Kriteria  perkembangan sikap KERJA SAMA (dalam kelompok)
Sangat baikjika menunjukkan sudah melakukan teliti dan rasa ingin tahu dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah teliti dan rasa ingin tahu dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung ajeg/konsisten tetapi belum terus menerus
Cukup  jika menunjukkan sudah teliti dan rasa ingin tahu dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok  tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan sama sekali tidak teliti dan rasa ingin tahu dalam melaksanakan tugas kelompok
2.    Tuliskan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Konsisten dan teliti
Tidak mudah menyerah
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1













2













3














...













SB = sangat baik    B = baik    C = Cukup    K = kurang baik

2.  Instrumen Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis :

       Tentukan: AB = 4 Cm
            A.    volume kubus.       B. luas permukaan kubus
Penyelasaian
1. V. Kubus ABCD.EFGH = s x s x s
= 4 cm x 4 cm x 4 xm
= 64 cm3
2. Luas permukaan balok ABCD.EFGH = 6 (s x s)
= 6 ( 4 x 4)
= 6 (16 )
= 96 cm2      
3      Instrumen Penilaian Keterampilan
Guru memberikan tugas di rumah untuk membuat jaring-jaring kubus


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VIII/2
Tahun Pelajaran           : 2014/2015
Waktu Pengamatan     : 2 x 40 menit
Indikator terampil membuat jaring-jaring kubus dalam strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar(kubus)
1.                  Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat membuat jaring-jaring dalam strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar (kubus)
2.                  Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk membuat jaring-jaring kubus dalam strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar ( kubus )
3.                  Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk membuat jaring-jaring kubus dalam strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar ( kubus )
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Membuat jaring-jaring kubus dalam strategi pemecahan masalah kubus
KT
T
ST
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10
.
.
.




Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil



LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS )
Satuan Pendidikan    :   SMP
Kelas/ Semester         :   VIII / 2
Mata Pelajaran          :   Matematika
Topik                        :   Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus )
Waktu                        :  40 menit
Petunjuk :
Diskusikan dengan teman dalam kelompokmu !
1.                  Tuliskanlah rumus luas permukaan dan volume kubus beserta keterangannya!……. 
Pembahasan :
Rumus Luas Permukaan Kubus = L  =  6 × r2
Keterangan :
L  :  luas permukaan
r  :  panjang rusuk
Rumus Volume Kubus = V  =  r3
Keterangan :
V = Volume
r = rusuk.
2.                  Jelaskan perbedaan luas permukaan kubus dengan volume kubus!…….
Pembahasan :
untuk mencari luas permukaan kubus, kita akan menghitung luas jaring-jaring kubus yang berjumlah 6 buah persegi yang sama besar dan kongruen, Sedangkan untuk mencari volume suatu bangun ruang pada dasarnya menggunakan rumus L = luas alas 
× tinggi , dimana luas alas kubus adalah persegi dan panjang sisi alasnya sama dengan tinggi kubus.
3.                  Dua buah kubus mempunyai panjang rusuk masing-masing 5 cm dan  10 cm. Berapakah perbandingan luas permukaan dua kubus tersebut?…….
Pembahasan :
Diketahui : panjang rusuk kubus 1 = 5 cm
panjang rusuk kubus 2 = 10 cm
ditanya    : perbandingan luas permukaan dua kubus tersebut?
jawab:
luas permukaan kubus 1 = 6 × s2
                                        = 6 × 5 × 5 cm2
                                        = 150 cm2
luas permukaan kubus 2 = 6 × s2
                                       = 6 × 10× 10 cm2
                                        = 600 cm2



Previous
Next Post »