RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
Mata
Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/
Semester :
VIII(delapan)/2
Materi
Pokok : Bangun Ruang Sisi
Datar
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
(pertemuan pertama)
A.
Kompetensi Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar:
2.1
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung
jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
3.9
Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1. Konsisten
dan teliti dalam memecahkan masalah tentang luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi datar
2. Tidak
mudah menyerah dalam memecahkan masalah tentang luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi datar
3. Memiliki
rasa ingin tahu terhadap memecahkan permasalahan luas permukaan dan volume
tentang bangun ruang sisi datar
4. Menentukan
luas permukaan dan volume kubus
D. Tujuan
Pembelajaran:
Siswa
dapat diharapkan dapat :
1. Konsisten
dan teliti dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar
2. Tidak
mudah menyerah dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar
3. Memiliki
rasa ingin tahu terhadap memecahkan permasalahan tentang bangun ruang sisi
datar
4. Menentukan
luas permukaan dan volume kubus
E. Materi
Pembelajaran:
KUBUS :
1. Menentukan
jaring-jaring kubus
2. Menentukan luas
permukaan dan volume kubus
Uraian Materi :
F. Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik (Scientific)
Model Pembelajaran : Penemuan Terbimbing
Metode
Pembelajaran :
Expositori, Penemuan,
Tanya Jawab dan Tugas
G. Media
/ alat Pembelajaran:
1. Model
bangun ruang dari karton
2. kubus
satuan
3. LCD
4. Laptop
5. Kertas
Materi dari guru
H. Sumber
Belajar:
Buku
"Mudah Belajar MATEMATIKA, Untuk Kelas VIII SMP dan MTs" karangan
Nunik Avianti A.
I.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru menanyakan kabar siswa
terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar mengajar
2.
Guru memberikan gambaran tentang
pentingnya memahami materi tentang kubus
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Mengidentifikasi unsur-unsur bangun
ruang sisi datar(kubus)
4.
Guru memberikan pertanyaan kepada
siswa(sesi tanya jawab) mengenai materi yang akan dipelajari
5.
Guru membuat peraturan bahwa
apabila siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat 1 point
untuk menjadi nilai tambahan.
|
8
menit
|
Inti
|
1.
Fase 1: Orientasi siswa pada masalah:
(a)
Guru memberikan masalah 1 yang tertera pada
lembar kertas materi dan LCD yang diberikan dan ditayangkan oleh guru yang
berisi pengertian luas permukaan dan volume.
(b)
Siswa mengamati (membaca) dan memahami masalah secara individu dan
mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait masalah yang disajikan.
(c)
Siswa diminta membuat pertanyaan kepada guru terkait dengan permasalahn yang ada pada kertas
materi
(d) Siswa menuliskan informasi yang terdapat dari
masalah tersebut secara teliti dengan menggunakan bahasa sendiri.
(e)
Salah satu dari siswa yang
dianggap mampu diminta mepresentasikan hasil pemahamannya kedepan kelas.
2.
Fase 2: Mengorganisasikan siswa belajar
(a)
Siswa membentuk kelompok yang sesuai pembagian anggota kelompok yang
telah direncanakan oleh guru .
(b)
Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan
berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
(c)
Guru memberi bantuan (scaffolding) berkaitan kesulitan yang
dialami siswa secara individu, kelompok, atau klasikal.
3. Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok.
(a)
Siswa diberikan jaring-jaring
kubus
(b)
Siswa melakukan eksperimen dengan media yang disediakan untuk menyelesaikan masalah
yang ada pada jaring-jaring kubus tersebut berdasarkan panduan kertas materi
yang telah dibagikan agar dapat membentuk sebuah kubus yang dapat diketahui
luas permukaan dan volume nya.
(c)
Guru meminta siswa mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan
semua kemungkinan dari masalah yang ada dalam lembar kegiatan
siswa. Bila siswa
belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan mengingatkan
siswa mengenai cara mereka menentukan penyelesaiannya.
4.
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
(a)
Siswa menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara rapi, rinci,
dan sistematis.
(b)
Guru berkeliling mencermati siswa bekerja menyusun laporan hasil
diskusi, dan memberi bantuan, bila diperlukan.
(c)
Siswa menentukan perwakilan kelompok secara musyawarah untuk
menyajikan (mempresentasikan) laporan di depan kelas.
5.
Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
(a)
Guru meminta semua kelompok bermusyawarah untuk menentukan satu
kelompok yang mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil diskusinya di depan
kelas secara runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu.
(b)
Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok penyaji untuk
memberikan penjelasan tambahan dengan baik.
(c)
Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk
memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dengan sopan.
(d)
Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain yang mempunyai jawaban
berbeda dari kelompok penyaji pertama untuk mengkomunikasikan hasil diskusi
kelompoknya secara runtun, sistematis,
santun, dan hemat waktu. Apabila ada lebih dari satu kelompok, maka guru
meminta siswa bermusyawarah menentukan urutan penyajian.
(e)
Guru mengumpulkan semua hasil
diskusi tiap kelompok.
(f)
Dengan tanya jawab, guru
mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai permasalahan tersebut.
Evaluasi:
………………………………………………………………………..
|
60menit
|
Penutup
|
1.
Sebelum mengakhiri pembelajaran,
guru membuat suatu permainan matematika yang berhubungan dengan materi yang
telah dipelajari.
2.
Siswa diminta menyimpulkan tentang permainan tersebut
dan materi
yang telah dipelajari
3.
Guru memberikan tugas untuk mencari unsur-unsur kubus yang belum
terdapat di kertas atau di buku pembelajaran dan siswa disuruh membuat
jaring-jaring kubus sebagai pekerjaan rumah
4.
Guru memberikan soal tertulis
sebagai PR mengenai luas permukaan dan volume kubus
5.
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan
|
12menit
|
J. Penilaian Hasil Pembelajaran:
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Instrument penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Konsisten
dan teliti dalam
menyelesaikan tugas
d. Tidak
mudah menyerah dan mempunyai rasa ingin tahu dalam melaksanakan tugas kelompok
|
Pengamatan
|
Pedoman observasi
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
1. Soal test tentang
menghitung luas permukaan bangun ruang
sisi datar. menghitung volum bangun ruang sisi datar
|
tes tertulis
|
TestTertulis: Uraian
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dengan
kubus
b. Trampil membuat dan menentukan
jaring-jaring kubus untuk menentukan luas permukaan kubus
|
Test praktik
|
Skala penilaian
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII / 2
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Topik :
Kubus
Waktu Pengamatan : Saat kegiatan berlangsung
Petunjuk:
Fokus sikap siswa yang
dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ini adalah Konsisten,
teliti dan mudah menyerah dalam penyelesaian masalah kelompok ,
Memiliki rasa ingin tahu menyelesaika
tugas
individu maupun kelompok.
1. Kriteria perkembangan sikap KERJA SAMA (dalam
kelompok)
Sangat baikjika menunjukkan
sudah melakukan teliti dan rasa ingin tahu dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan
sudah teliti dan rasa ingin tahu dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok, cenderung
ajeg/konsisten tetapi belum terus menerus
Cukup jika
menunjukkan sudah teliti
dan rasa ingin tahu dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok
tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan
sama sekali tidak teliti dan rasa ingin tahu dalam melaksanakan tugas kelompok
2. Tuliskan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
NO
|
Nama
|
Rasa ingin tahu
|
Konsisten
dan teliti
|
Tidak
mudah menyerah
|
|||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
...
|
SB = sangat baik
B = baik C = Cukup K = kurang baik
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Tes
Tertulis :
Tentukan:
AB = 4 Cm
A. volume
kubus. B. luas permukaan kubus
Penyelasaian
1.
V. Kubus ABCD.EFGH = s x s x s
=
4 cm x 4 cm x 4 xm
=
64 cm3
2.
Luas permukaan balok ABCD.EFGH = 6 (s x s)
=
6 ( 4 x 4)
=
6 (16 )
=
96 cm2
3
Instrumen Penilaian Keterampilan
Guru
memberikan tugas di rumah untuk membuat jaring-jaring kubus
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
2 x 40 menit
Indikator terampil
membuat jaring-jaring kubus dalam strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar(kubus)
1.
Kurang terampil jika
sama sekali tidak dapat
membuat jaring-jaring dalam strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar (kubus)
2.
Terampil jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk membuat jaring-jaring kubus dalam
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi
Datar ( kubus )
3.
Sangat
terampill,jika
menunjukkan adanya usaha untuk membuat
jaring-jaring kubus dalam strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar ( kubus )
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
Membuat
jaring-jaring kubus dalam strategi pemecahan masalah kubus
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
.
.
.
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T
: Terampil
ST : Sangat terampil
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS )
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/ Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Matematika
Topik : Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus )
Waktu : 40 menit
Petunjuk :
Diskusikan
dengan teman dalam kelompokmu !
1.
Tuliskanlah rumus luas permukaan dan volume kubus
beserta keterangannya!…….
Pembahasan :
Rumus Luas Permukaan Kubus = L = 6 × r2
Keterangan :
L : luas permukaan
r : panjang rusuk
Rumus Volume Kubus = V = r3
Keterangan :
V = Volume
r = rusuk.
Rumus Luas Permukaan Kubus = L = 6 × r2
Keterangan :
L : luas permukaan
r : panjang rusuk
Rumus Volume Kubus = V = r3
Keterangan :
V = Volume
r = rusuk.
2.
Jelaskan perbedaan luas
permukaan kubus dengan volume kubus!…….
Pembahasan :
untuk mencari luas permukaan kubus, kita akan menghitung luas jaring-jaring kubus yang berjumlah 6 buah persegi yang sama besar dan kongruen, Sedangkan untuk mencari volume suatu bangun ruang pada dasarnya menggunakan rumus L = luas alas × tinggi , dimana luas alas kubus adalah persegi dan panjang sisi alasnya sama dengan tinggi kubus.
Pembahasan :
untuk mencari luas permukaan kubus, kita akan menghitung luas jaring-jaring kubus yang berjumlah 6 buah persegi yang sama besar dan kongruen, Sedangkan untuk mencari volume suatu bangun ruang pada dasarnya menggunakan rumus L = luas alas × tinggi , dimana luas alas kubus adalah persegi dan panjang sisi alasnya sama dengan tinggi kubus.
3.
Dua buah kubus mempunyai panjang rusuk masing-masing 5
cm dan 10 cm. Berapakah perbandingan luas permukaan dua kubus
tersebut?…….
Pembahasan :
Diketahui : panjang rusuk kubus 1 = 5 cm
panjang rusuk kubus 2 = 10 cm
ditanya : perbandingan luas permukaan dua kubus tersebut?
jawab:
luas permukaan kubus 1 = 6 × s2
= 6 × 5 × 5 cm2
= 150 cm2
luas permukaan kubus 2 = 6 × s2
= 6 × 10× 10 cm2
= 600 cm2
Pembahasan :
Diketahui : panjang rusuk kubus 1 = 5 cm
panjang rusuk kubus 2 = 10 cm
ditanya : perbandingan luas permukaan dua kubus tersebut?
jawab:
luas permukaan kubus 1 = 6 × s2
= 6 × 5 × 5 cm2
= 150 cm2
luas permukaan kubus 2 = 6 × s2
= 6 × 10× 10 cm2
= 600 cm2
ConversionConversion EmoticonEmoticon